0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jenderal Badrodin Haiti Diberi Gelar Lelaki Bugis Perkasa Dari Bone

Komjen Pol Badrodin Haiti (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menerima gelar bangsawan lelaki Bugis perkasa dari Bone. Dia mendapat gelar Andi Temmu Padang Petta Tikke dari pemangku adat kerajaan adat Bone, Selasa, (24/11).

Tampak hadir raja-raja dari Bone dan Gowa beserta para permaisurinya pada acara ini. Bupati Bone Fashar Padjalangi dan para Kapolres se-Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat turut hadir dan mengenakan pakaian adat.

Badrodin menginjak mangkuk dari tanah sebagai bukti telah menginjak tanah Bone disusul penampilan tarian Sere Bissu Maggiri atau tarian dari pelaku adat laki-laki berwujud perempuan yang menikam dirinya dengan keris. Diyakini jika kegiatan yang dihelat tidak diberkati maka keris itu akan menikam sang Bissu.

Ketua lembaga adat Bone, Andi Baso Hamid Pa’bentengi mengatakan, gelar Andi Temmu Padang Petta Tikke artinya lelaki perkasa yang mempertemukan, mempersatukan wilayah dengan teliti, cermat, hati-hati dan penuh kewaspadaan.

“Gelar ini adalah simbol perwujudan sikap baik,” kata Andi Baso Hamid.

Ditambahkan, penganugerahan ini melalui pintu budaya ini adalah pintu masuk masyarakat Bone untuk masuk ke hal-hal lain tetapi yang terpenting adalah terkait budaya karena budaya saat ini kian tergerus sehingga membutuhkan bimbingan pimpinan termasuk dari Kapolri.

[ang]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge