0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penyuap Pengusaha Batu Bara Divonis Tiga Tahun

merdeka.com

Adriansyah bersaksi di sidang Andrew Hidayat

Timlo.net — Majelis Hakim Pengadilan Tipikor memvonis anggota Komisi IV DPR yang juga mantan politikus PDI Perjuangan Adriansyah dengan pidana penjara selama 3 tahun penjara dalam kasus suap dari Andrew Hidayat, seorang pengusaha batu bara asal Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara 3 tahun. Denda Rp 100 juta dengan subsidair 1 bulan penjara,” kata Ketua Majelis Hakim Tito Suhut di ruang sidang Tipikor, Jakarta, Senin (23/11).

Vonis ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yakni lima tahun 3 tahun dan pidana denda Rp 250 juta, subsider 4 bulan kurungan.

Adriansyah menerima vonis tersebut.

“Kami menerima apa yang diputuskan bapak Majelis Hakim,” katanya.

Seperti diketahui, dalam dakwaan Adriansyah menerima suap sebesar Rp 1 Miliar, USD 50 ribu, dan SGD 50 Ribu dari Andrew. Uang itu diberikan atas jasanya memberikan izin usaha atau rancangan kerja anggaran biaya (RKAB) kepada perusahaan-perusahaan batu bara yang dikelola Andrew sejak 2012, yaitu PT Mitra Maju Sukses (MMS), PT Indo Asia Cemerlang (IAC), dan PT Duta Dharma Utama (DDU).

Berdasar kesaksian Andrew, uang yang diberikan kepada Adriansyah jumlahnya kecil. Padahal, perusahaan-perusahaan Andrew sedang mengalami kesulitan finansial.

“Oleh karenanya alasan Andrew Hidayat bahwa dia memberikan uang semata-mata karena simpati atas kondisi terdakwa yang dalam keadaan sakit harus dipandang sebagai dalih dan harus dikesampingkan,” kata JPU Trimulyono Hendradi.

Adriansyah dijerat pasal 11 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Tipikor jo pasal 64 ayat 1 KUHPidana.

[dan]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge