0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kerusakan Surat Suara Pilkada Hanya Ratusan

timlo.net/aditya wijaya

Tenaga pelipat surat suara KPU Klaten

Klaten — Ratusan lembar surat suara pemilihan kepala daerah (pilkada) Klaten 2015 ditemukan rusak. Hal itu menyusul penyortiran sekaligus pelipatan surat suara oleh ratusan orang tenaga Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten, Jumat hingga Senin (20-23/11).

“Sampai hari ketiga atau Minggu sore (22/11), hanya sekitar 250 lembar yang termasuk kategori rusak,” kata Komisioner Divisi Pemutakhiran Data Pemilih dan Logistik KPU Klaten M Ismail, Senin (23/11).

Dijelaskan, kerusakan surat suara bergambar tiga pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Klaten 2016-2021 itu berupa sobek kecil atau terlipat saat penataan. Adapun KPU Klaten mencetak surat suara sebanyak Daftar Pemilih Tetap (DPT) sejumlah 1.037.875 pemilih dan ditambah cadangan 2,5 persen dari jumlah DPT.

Ditanya pergantian surat suara yang rusak, kata Ismail, KPU Klaten segera menghubungi pihak pencetak, yakni PT Intan Sejati Klaten. Penggantian surat suara tidak akan memakan waktu lama. Sebab jumlahnya terbilang sangat kecil.

“Sangat sedikit yang kami temukan rusak. Nanti setelah selesai akan kami rekap dan sampaikan ke rekanan (percetakan) untuk minta ganti surat suara yang baru,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge