0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Fraksi DPR Tak Boleh Intervensi MKD

dok.merdeka.com
Rapat Paripurna DPR (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Surahman Hidayat mengingatkan anggotanya soal kasus yang menimpa Ketua DPR Setya Novanto. Meskipun anggota MKD berasal dari perwakilan masing-masing fraksi, tak boleh ada intervensi fraksi di MKD.

“Tidak boleh ada arahan dari fraksi. Fraksi tidak boleh intervensi. Tak ada hubungannya dengan KMP. Bebas intervensi,” kata Surahman, Senin (23/11).

Kasus yang menyeret nama Ketua DPR Setya Novanto telah menyita perhatian publik. karena itu Surahman meminta anggota MKD mempertimbangkan agar sidang selanjutnya digelar terbuka.

“Banyak (desakan untuk terbuka). Ya termasuk itu nanti akan dibahas, ini banyak tuntutan (sidang terbuka). Saya kan pribadi tidak bisa (memutuskan), saya di tengah,” tuturnya.

“Tergantung sensitivitas kasus. Masing-masing kan punya pandangan yang bervariatif. Proporsional. Nanti terserah anggota. Pokoknya kita mengarah pada yang lebih mendukung pada marwah dewan,” jelas dia.

Seperti diketahui sebelumnya, akhir pekan lalu Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto mengumpulkan Koalisi merah Putih (KMP) di kediamannya, Hambalang, Bogor. Ketua DPP Partai Golkar kubu Aburizal Bakrie, Tantowi Yahya menjelaskan bahwa rapat para petinggi KMP tersebut berbuah dukungan pada Setnov.

“KMP mendukung SN dalam kasus ini dengan tetap menghormati semua proses yang sedang dan akan berlangsung di MKD,” kata Tantowi.

Tantowi menegaskan sikap partainya, kadernya di Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) diinstruksikan serius mengawal kasus ini. Seperti diketahui ada beberapa perwakilan Golkar di MKD yaitu, Wakil Ketua MKD Fraksi Golkar Hardisoesilo, lalu Anggota MKD Fraksi Golkar Budi Supriyanto dan Dadang S Muchtar.

“Ketua Fraksi, Ade Komarudin memerintahkan kader Golkar di MKD untuk mengawal proses di lembaga etik tersebut. Kita lihatlah bagaimana hasilnya,” ucapnya.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge