0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kalimat-Kalimat Yang Seharusnya Tidak Diucapkan Orang Tua

anak

Dok: Timlo.net/Oprah.com

anak

Timlo.net—Sebuah penelitian baru mengungkap jika kalimat-kalimat yang umumnya digunakan orang tua seperti, “Kamu anak yang nakal,” atau “Jangan bertindak bodoh,” saat anak melakukan sesuatu bisa merusak kepribadian anak di masa mendatang.

Kalimat-kalimat di atas mungkin umum digunakan orang tua, tapi berdampak buruk pada kepercayaan diri anak karena mereka akan mulai menganggap jika label yang diberikan orang tua benar. Para psikolog menyarankan jika para orang tua harusnya membahas masalah-masalah yang menyebabkan anak melakukan hal-hal tertentu dan mencari solusi supaya anak tidak melakukannya lagi.

Kalimat lain yang harus dihindari adalah :” Berapa kali sudah kubilang?” Kadang-kadang anak tidak merasa memiliki kewajiban untuk mematuhi orang tua dan memilih melakukan hal-hal yang dilarang orang tua. Hal ini karena mereka tidak memahami dampak dari perilaku mereka. Mengatakan kalimat di atas tidak membantu memahami dampak dari perilaku mereka. Lebih baik orang tua memberikan penjelasan mengenai dampak atau akibat yang akan terjadi jika anak-anak melakukan sesuatu.

Perkataan lain seperti, “Kamu membuat ibu (atau bapak) sangat bahagia jika kamu menghabiskan makananmu.” Atau kalimat seperti “jika kamu menyelesaikan pekerjaan rumah, aku akan memberikan (permen/es krim dll) atau mengajak kamu menonton film”. Keduanya terkesan seperti kalimat penyemangat yang positif. Tapi sebenarnya membuat anak hanya mau bekerja keras jika mereka memperoleh hadiah, pujian dan perhatian.

Sumber: Times of India.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge