0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Materi PKM bakal Jadi Kuliah Wajib di UNS

dok.timlo.net/tyo eka
Wakil Rektor III UNS, Prof Dr Darsono (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo —  Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Sebelas Maret (UNS), Prof Dr Darsono menyatakan bahwa materi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bakal masuk menjadi kuliah wajib.

“Saat ini memang sedang dibahas. Namun tahun akademik depan ditargetkan sudah masuk pada mata kuliah di semester dua,” ujar Darsono saat bertemu Timlo.net, di Rektorat UNS, Solo, Senin (23/11).

Lebih lanjut Darsono mengungkapkan, berdasarkan hasil data yang masuk, hingga ditutup pada awal bulan Nopember 2015 kemarin, pendaftar PKM UNS tahun 2015 ini mencapai 1.386 proposal. Terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Sebab sebelumnya hanya berkisar ratusan mahasiswa yang mengajukan proposal saja.

Pendaftar PKM UNS hingga ditutup, masing-masing fakultas, yakni 300 proposal mahasiswa dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), 213 proposal FKIP, 185 proposal Fakultas Teknik, 197 proposal Fakultas Pertanian, 116 proposal Fakultas Kedokteran, 152 proposal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 4 proposal Fakultas Hukum, 44 proposal FISIP, 36 proposal FSRD dan 139 proposal Fakultas Ilmu Budaya.

Peningkatan ini, menurut Wakil Rektor III, sebagai upaya secara structural dan sistemik yang ada di lingkungan UNS untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa mengikuti PKM, baik melalui jurusan, dosen, dan sebagainya, dengan memberikan fasilitas yang dibutuhkan.

Darsono menyatakan, PKM sebagai arena mengaktualisasikan sikap perilaku  dan produksi ilmiah mahasiswa, maka seyogyanya kegiatan PKM dikenal dan diketahui serta diikuti oleh seluruh mahasiswa. Karena itu rancangan dalam sistim penilaian kegiatan mahasiswa, salah satu poin wajib yang diikuti seluruh mahasiswa.

“PKM salah satu wajib diikuti mahasiswa,” ungkapnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge