0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Meditasi 7 Menit Bisa Kurangi Rasisme

Meditasi

Dok: Timlo.net/Google

Meditasi

Timlo.net—Para peneliti mengungkap jika meditasi selama 7 menit bisa menolong melawan rasisme. Sebuah teknik populer dimaksudkan untuk menciptakan perasaan baik, bisa mengurangi prasangka, terang tim peneliti dari University of Sussex, Inggris.

Meditasi itu berdasarkan teknik yang dipakai dalam agama Budha untuk meningkatkan kebaikan tanpa syarat terhadap diri sendiri dan orang lain. Menurut para peneliti, teknik ini efektif mengurangi bias rasial.

Pemimpin penelitian, Alexander Stell, seorang mahasiswa doktoral berkata, “Hal ini mengindikasikan jika beberapa teknik meditasi tidak hanya menimbulkan perasaan senang, tapi menjadi alaat yang penting untuk meningkatkan harmoni antar kelompok.”

Meditasi ini dilakukan lewat pengulangan frasa tertentu misalnya “semoga kamu bahagia dan sehat” sembari membayangkan orang tertentu. Penelitian itu melibatkan 71 orang kulit putih. Masing-masing orang diberikan foto wanita atau pria kulit hitam tergantung gender orang yang melihat foto.

Mereka lantas dibagi dalam dua kelompok, di mana kelompok pertama diminta mempraktekkan meditasi dan kelompok kedua hanya mengamati foto itu. Kedua tindakan ini dilakukan selama 7 menit.

Menggunakan Implicit Association Test, para peneliti lantas menghitung waktu reaksi kedua kelompok saat diminta untuk memasangkan kata-kata positif dan negatif dengan foto-foto wajah yang mereka lihat sebelumnya.

Hasilnya, para peneliti menemukan jika meditasi selama 7 menit yang ditujukan kepada satu orang dari ras tertentu (dalam penelitian ini, kulit hitam) cukup untuk mengurangi prasangka rasial terhadap kelompok ras itu.

Sumber: Daily Mail.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge