0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DPR Tolak Usulan Mendag untuk Impor Beras

dok.timlo.net/agung widodo
Anggota Komisi IV DPR RI, Agustina Wilujeng saat acara Sosialisasi Kebangsaan di Kecamatan Tanon, Minggu (22/11) (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Komisi IV DPR RI menolak usulan Menteri Perdagangan (Mendag) untuk mengimpor beras. Dengan mengimpor beras akan bisa merusak harga beras dan melemahkan ekonomi keakyatan. Apalagi saat ini Indonesia sedang mengalami surplus beras.

“Menteri Perdagangan seharusnya tak mencampuri soal distribusi beras, keberadaan beras masih menjadi wewenang penuh Menteri Pertanian. Apalagi saat ini seluruh panen gabah di Indonesia sehingga
kami menolak adanya beras impor,” kata Anggota Komisi IV DPR RI Agustina Wilujeng di sela-sela Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Dukuh Kranggan, Desa Pengkol, Kecamatan Tanon, Sragen, Minggu (22/11).

Dikatakan Agustina, munculnya impor beras merupakan ulah dari segelintir oknum untuk mempermainkan harga beras di tingkat lokal. Dia meminta perlu adakoordinasi antara Menteri Perdagangan dan Menteri Pertanian untuk mengurusi khusus masalah distribusi beras.

“Beras bukan seperti barang dagangan lainnya, yang mudah bisa diperjualbelikan. Karena bila impor terus dipaksakan, jelas akan melanggar amanat menyejahterahkan rakyat petani,” jelas Agustina.

Dia menambahkan, selain menolak kebijakan impor beras, saat ini pemerintah pusat juga telah menyediakan seluruh alat pertanian untuk meningkatkan produksi gabah nasional.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge