0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sejumlah Jalan Provinsi Diserahkan ke Pemkot Solo

dok.timlo.net/red
Jl Ir Juanda Solo (dok.timlo.net/red)

Solo – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan menyerahkan sejumlah ruas jalan yang selama ini berada di bawah pengelolaannya kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Solo. Pemkot akan menerima hibah pengelolaan jalan tersebut pada awal 2016 mendatang.

“Hampir seluruh ruas jalan yang di bawah pengelolaan pemerintah provinsi akan diserahkan kepada kita,” ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Surakarta Endah Sitaresmi Suryandari, Sabtu (21/11).

Adapun jalan yang akan diserahkan kepada Pemkot Solo, antara lain Jalan Juanda, Jalan Kapten Mulyadi, Jalan Veteran, Jalan Dr Radjiman, Jalan Bhayangkara, dan sebagian Jalan Slamet Riyadi. Meskipun begitu, Pemkot masih menunggu Surat Keputusan dari Gubernur terkait pengalihan itu.

Hal ini dinilai cukup menguntungkan bagi Pemkot. Lantaran Pemkot menjadi lebih leluasa dalam menata dan mengelola lajur jalan, seperti jalur lambat dan pedestrian. Selain itu pemkot juga akan mendapatkan tambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD) berupa pajak iklan dan reklame dari ruas jalan yang dihibahkan.

“Sisi keuntungan dari status jalan provinsi menjadi jalan kota adalah kewengan pemeliharaan dan pemanfaatan di kota. Tambal sulam jadi gampang, ada pengaturan jalur hijau, jalur lambat, penataan dan pajak reklame juga mudah,” katanya.

Hanya saja, pengelolaan jalan provinsi ini akan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Sitaresmi mengatakan terlebih perawatan ruas jalan yang biasa dilalui kendaraan berat. Dirinya mengaku belum menganggarkan biaya perawatan bagi ruas jalan tersebut dalam APBD 2016.

“Untuk biaya pemeliharaan belum kita anggarkan, karena masih menunggu SK dari Gubernur,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge