0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Makanan Pedas Bisa Perpanjang Usia?

Dok: Timlo.net/ Google.
Lombok. (Dok: Timlo.net/ Google.)

Timlo.net--Para peneliti menemukan jika makanan pedas bisa menjadi rahasia untuk memperpanjang umur. Orang-orang yang makan makanan pedas termasuk makanan berbahan kari seperti tikka masala, jalferzi dan vindaloo sekali atau dua kali seminggu mengalami penurunan resiko kematian hingga 10 persen. Makan makanan pedas setiap hari bisa mengurangi resiko kematian hingga 14 persen.

Dalam penelitian terbesar ini, Chinese Academy of Medical Sciences juga menemukan jika para penggemar makanan pedas beresiko kecil terkena diabetes, kanker atau penyakit jantung dan pernafasan.

Cabai yang segar dan kering adalah bahan yang paling umum digunakan dalam makanan pedas dalam penelitian yang melibatkan 500.000 orang berusia 30 hingga 80 tahun itu.

Tapi para peneliti berkata jika penemuan ini adalah observasional dan makan makanan pedas bisa dihubungkan dengan gaya hidup lainnya.

Dr. Nita Forouhi, dari University of Cambridge berkata,”Lebih banyak penelitian diperlukan.”

Sebuah bahan bioaktif dalam bumbu pedas yaitu capsaicin, dianggap sebagai kandungan yang berfungsi sebagai anti obesitas, antioksidan, anti peradangan dan anti kanker.

Dan semua manfaat positif bumbu pedas bisa hilang jika orang minum alkohol dalam jumlah banyak atau kurang berolahraga, terang para peneliti.

Sumber: Mirror.co.uk

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge