0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Awas, Garis Kuning Ini Bisa Bikin Anda Kena Tilang

dok.timlo.net/daryono
(dok.timlo.net/daryono)

Solo —¬†Tujuh kendaraan yang hendak menuju ke arah timur terjebak antrean di yellow box junction perempatan Gendengan, Jl Slamet Riyadi, Solo. Sementara, dari arah utara, sebuah kendaran perlahan melaju berbelok kanan ke arah barat lantaran lampu pengatur lalu lintas sudah berwarna hijau.

Namun, begitu melewati yellow box, kendaraan itu diberhentikan oleh salah seorang petugas kepolisian. Pengendara itu kemudian mendapatkan surat tilang karena masuk ke yellow box disaat antrean kendaraan masih terjadi.

Kejadian di atas bukan sebenarnya. Tetapi merupakan simulasi sosialisasi yellow box yang dilakukan oleh tim gabungan dari Satlantas Polresta Solo, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo bekerjasama dengan Komunitas Pajero Indonesia One, Sabtu (21/11).

Yellow box ini salah satu upaya untuk menghindari kemacetan. Kalau di satu persimpangan antrean panjang akibatnya bisa mengunci. Kalau mengunci kan menimbulkan macet. Untuk menghindari itu maka dibuatlah yellow box ini,” kata Wakil Kepala Satlantas Polresta Solo, I Made Ray kepada wartawan di sela simulasi.

Meskipun lampu lalu lintas sudah menyala hijau, tetapi jika masih ada kendaraan yang antre di yellow box, pengendara dari arah berlawanan diharuskan tetap berhenti. Kendaraann boleh melaju setelah tidak ada lagi kendaraan yang antre di yellow box.

I Made melanjutkan, pihaknya bersama tim gabungan terus melakukan sosialisasi yellow box. Pasalnya, di Jawa Tengah sudah ada 300 yellow box. Namun, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui fungsi yellow box.

Yellow box ini sebenarnya sudah ada sejak 2010. Ini disosialisasikan agar pengguna jalan memahami,” ujarnya.

Kedepan, lanjut I Made, pelanggaran atas marka yellow box bakal dikenakan sanksi tilang. Namun, belum ditentukan pasti kapan sanksi akan mulai diberlakukan. Polresta akan melihat perkembangan upaya sosialisasi yang dilakukan terlebih dulu.

Kepala Bidang Lalu-Lintas Dishubkominfo Solo, Sri Baskoro mengatakan ada 20 yellow box di persimpangan Solo. Yellow box dibuat diutamakan di kawasan tertib lalu lintas (KTL).

Untuk diketahui, yellow box junction merupakan garis berwarna orange berbentuk persegi besar dengan garis diagonal. Garis ini dibuat di perempatan (persimpangan) jalan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge