0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pak Guru SD Ini Ciptakan Durian Kaki Tiga

Agung memamerkan inovasi bibit Durian Kaki Tiga (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Kreativitas dan inovasi guru sekolah dasar (SD) asal Kecamatan Purwantoro, Wonogiri ini patut diacungi jempol. Pasalnya, dia mampu membuat terobosan baru, yakni membuat bibit tanaman durian yang ia beri nama Durian Kaki Tiga. Konon, durian inovasi baru ini memiliki banyak kelebihan ketimbang jenis durian biasa.

Ya, Agung Sunar Putro Tanuwijoyo (40), warga Dusun Tapel RT1/RW7 Desa Gondang, Kecamatan Purwantoro ini sehari-harinya mengajar di SD Ngroto, Kecamatan Bulukerto, namun saat ini tengah mengembangkan bisnis jual beli bibit durian kaki tiga.

Disebut dengan kaki tiga karena dari akar hingga batang bawahnya terdiri dari tiga batang. Mayoritas berasal dari durian lokal yang ditanam secara generatif atau menggunakan biji-biji durian. Lalu batang atasnya  atau yang untuk menyambung, cukup satu saja, berasal dari tanaman durian unggul dan pernah berbuah. Batang atas misalnya jenis durian montong, menorah, bawor dan D24.

“Kaki tiga itu dari akar sampai batang ada tiga, nanti batang atasnya cuma satu, diibaratkan mulut nya tiga perutnya satu jadi lebih cepat tumbuh,” katanya, Sabtu(21/11).

Untuk menekuni usahanya ini, dia tidak begitu banyak modal karena dia bekerja sama dengan kakaknya untuk mendatangkan bibit-bibit itu dari Magelang selain bibit durian.

“Kelengkeng, alpukat jumbo, mangga jumbo, jambu air, harganya variasi mulai Rp 35.000 sampai Rp 275.000,” katanya.

Walau baru seumur jagung,usaha yang dirintisnya Mei 2015 lalu itu memang belum terlihat hasilnya, namun Agung optimis bahwa bibit-bibit dagangannya akan laris manis ketika musim hujan tiba.Saat ini,  bibit-bibit tersebut ia jual dengan cara bijian, dan juga secara grosir.

“Kalau sekarang masih sulit, masalahnya kan tergantung musim, kalau lagi kemarau seperti ini sebulan laku lima batang,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge