0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kopi Bisa Perpanjang Umur, Kurangi Resiko Serangan Jantung

dok.merdeka.com
Kopi (dok.merdeka.com)

Timlo.net—Menurut sebuah penelitian baru, minum tiga hingga lima cangkir kopi per hari bisa menolong Anda hidup lebih lama. Konsumsi kopi dalam jumlah cukup mengurangi resiko kematian dini dari serangan jantung, masalah syaraf seperti penyakit Parkinson’s dan diabetes tipe 2.

Kopi juga mengurangi resiko bunuh diri, tapi tidak terlihat manfaat minuman ini untuk kanker. Entah kopi yang diminum berkafein atau tidak, tidak ada perbedaan. Manfaat kesehatan ini diperkirakan berasal dari senyawa tanaman lain di dalam kopi selain dari kafein.

Pemimpin dalam penelitian ini Ming Ding, dari Harvard TH Chan School of Public Health di Amerika Serikat (AS), berkata: “Senyawa bioaktif dalam kopi mengurangi resistansi insulin dan peradangan sistematik. Yang bisa menjelaskan hasil penemuan kami. Akan tetapi, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki mekanisme biologis apakah yang menghasilkan efek-efek ini.”

Penelitian ini diterbitkan di jurnal Circulation, berasal dari analis terhadap tiga penelitian berskala besar yang melibatkan total 208.501 peserta pria dan wanita.

Dalam penelitian itu, kebiasaan minum kopi diuji lewat kuesioner yang digelar setiap empat tahun sekali selama 30 tahun. Analisa ini juga memperhitungkan faktor-faktor lain termasuk kebiasaan merokok, indeks massa tubuh, tingkat aktivitas fisik, konsumsi alkohol dan diet.

Emily Reeve, perawat kardiak senior di British Heart Foundation berkata: “Sangat penting untuk mengingat jika menjaga pola hidup yang sehat adalah hal yang penting jika Anda ingin jantung Anda sehat bukan berapa banyak kopi yang Anda minum.”

“Penelitian-penelitian sebelumnya menyatakan jika minum hingga 5 gelas kopi per hari tidak merusak kesehatan kardiovaskular Anda dan penelitian terbaru ini mendukung hal itu. Tapi perlu dilakukan lebih banyak penelitian untuk memahami sepenuhnya bagaimana kopi mempengaruhi tubuh kita, dan kandungan di dalam kopi yang bisa mempengaruhi resiko seseorang terkena serangan jantung atau stroke,” katanya.

Sumber: Mirror.co.uk

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge