0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PTS Umumnya Belum Siap Buka Program Doktoral

timlo.net/eko prasetyo

Prof Kapti Rahayu Kuswanto

Solo – Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kota Solo dan sekitarnya mengaku saat ini belum siap membuka program doktoral. Umumnya terkendala ketersediaan sumberdaya manusia, juga lantaran akreditasi yang belum memenuhi.

“Kalau dalam waktu dekat, kami belum bisa membuka program doktoral,” ungkap Rektor Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, Prof Kapti Rahayu Kuswanto kepada wartawan, di Kampus Unisri, Solo, Jumat (20/11).

Kapti mengaku untuk membuka program doktoral, Unisri belum memiliki cukup sumberdaya pengajar atau dosen. Karena syarat pembukaan Program S3, minimal harus memiliki pengajar berpendidikan Doktoral sebanyak empat orang dan dua orang Profesor untuk masing-masing ilmu.

“Secara keseluruhan kami masih sangat kekurangan guru besar atau profesor,” ungkapnya.

Lain halnya permasalahan yang dihadapi oleh Universitas Surakarta terkait pembukaan program doktoral. Menurut Wakil Rektor I Universitas Surakarta, Joko Sutantyo, permasalahannya terletak pada akreditasi. Karena akreditasi program studi musti A.

“Saat ini program studi Ilmu Hukum sedang menunggu akreditasi B. Dengan akreditasi B, maka tinggal ditingkatkan ke A, sebagai langkah menuju realisasi program doktoral,” jelasnya.

Di tempat terpisah, Rektor Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta, Prof Ongko Cahyono menyatakan kedepan menargetkan bisa membuka program doktoral di bidang Ilmu Olahraga dan Ilmu Pertanian.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge