0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Warga Ancam Tutup Paksa Peternakan Babi di Suronandan

timlo.net/putra kurniawan

Aksi unjuk rasa warga Dusun Suronandan tolak kandang babi

Sukoharjo — Puluhan warga Dusun Suronandan, Desa Madegondo, Kecamatan Grogol menggelar aksi unjuk rasa sebagai bentuk protes keberadaan kandang babi di kampungnya. Mereka mengancam akan melakukan aksi lebih besar jika tuntutan mereka dalam tiga hari tidak dikabulkan.

“Kami sempat beberapa kali mengeluhkan ke pemilik peternakan babi, namun tidak mendapat tanggapan yang baik, jadi kami melakukan aksi ini karena limbahnya sangat mengerikan,” kata koordinator aksi, Wijayanto, Jumat (20/11).

Kandang babi ini berada tepat di tengah kampung Suronandan sudah lebih dari 10 tahun, namun baru akhir-akhir ini bau limbahnya dikeluhkan warga. Pasalnya, babi yang berada di dalam kandang semakin hari semakin bertambah banyak, dari puluhan ekor kini sudah mencapai 200 ekor babi.

Warga juga mengeluhkan limbah babi yang dibuang ke sungai dan mencemari air sungai yang mengalir di pinggir dusun. Selain terkena polusi bau kotoran babi, sedikinya 54 KK di RT 03/RW 02, Dusun Suronandan juga tidak bisa beraktifitas di sungai karena penuh dengan limbah peternakan babi.

“Kami menuntut segera ditutup atau dipindahkan dari kampung kami karena kami sudah tidak tahan dengan baunya, kalau tidak akan kami tutup paksa,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge