0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Telan Anggaran Rp 2 Miliar, 3 Candi Purna Pugar Diresmikan

dok.timlo.net/aditya wijaya
(dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meresmikan tiga candi yang telah selesai di pugar selama tahun 2015 di pelataran Candi Lumbung, kompleks Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan, Jumat (20/11). Peresmian dilakukan oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Prof Kacung Marijan.

“Ada tiga candi yang sudah purna pugar, yakni Candi Perwara Lumbung No 9, Candi Perwara Prambanan Deret I No 43, dan Candi F Kompleks Candi Ijo,” ujar Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemendikbud Harri Widianto, Jumat (20/11).

Pemugaran tersebut dilakukan sejak Februari hingga November 2015 dengan menelan anggaran mencapai Rp 2 miliar. Alokasi pemugaran candi berasal dari dana pelestarian PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur Prambanan Ratu Boko.

Rinciannya, pemugaran Candi Lumbung (Mei-November) Rp 480,4 juta, pemugaran Candi F Kompleks Candi Ijo (Agustus-November) Rp 348,19 juta, dan Candi Perwara Prambanan No 43 (Februari-November) Rp 1,2 miliar.

“Kami berharap setelah diresmikan bisa mengoptimalkan sektor wisata dan edukasi untuk masyarakat mengenai warisan budaya leluhur,” jelas Harri.

Selain Prof Kacung Marijan, tampak hadir Bupati Temanggung Bambang Sukarno, Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Daerah Istimewa Yogyakarta Tri Hartono, Kepala BPCB Jateng Sri Ediningsih, dan sejumlah jajaran Muspika dari Kabupaten Sleman dan Klaten.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge