0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

TNI AU akan Beli Pesawat Tempur dan Helikopter VVIP

dok.timlo,net/www.matra.news
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Agus Supriatna (dok.timlo,net/www.matra.news)

Karanganyar — Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) berencana membeli sejumlah pesawat tempur, helikopter VVIP serta pesawat angkut dengan kekuatan hingga mencapai 12 ton lebih. Pembelian akan dilakukan secara bertahap dengan menggunakan anggaran tahun 2015 hingga 2019 mendatang.

“Pembelian sejumlah pesawat ini telah dirasa perlu untuk memperkuat pertahanan NKRI,” terang Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Agus Supriatna saat ditemui wartawan di sela kegiatan Upacara Pelantikan Perwira TNI AU, di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo, Colomadu, Karanganyar, Jumat (20/11).

KSAU menjelaskan, pembelian pesawat tempur ini dilakukan untuk persiapan penggantian pesawat tempur jenis F-5 E/F Tiger yang dinilai sudah memasuki purna tugas. Rencananya, pihaknya akan mengganti secara bertahap pesawat tempur jenis tersebut secara bertahap hingga mencapai satu skuadron tempur udara.

Di sisi lain, TNI AU juga tengah mengupayakan pembelian helikopter VVIP jenis Agusta Westland AW-101 menggantikan pesawat VVIP kepresidenan Super Puma produksi tahun 1980. Meski pesawat sebelumnya dinilai masih layak, namun demi keselamatan dan kenyamanan maka pihaknya perlu melakukan penggantian.

“Pembeliannya bertahap nanti,” jelas KSAU.

Terkait pembelian pesawat angkut Beriev BE-200 Altair buatan Rusia, lanjut KSAU rencananya pesawat itu akan digunakan sebagai persiapan untuk melakukan pemadaman di sejumlah kawasan hutan yang terbakar. Mengingat, peristiwa kebakaran lahan gambut beberapa waktu lalu membuat negara Indonesia kalang kabut.

“Pesawat angkut yang dikhususkan membawa air hingga 12 ton,” kata KSAU.

Pihaknya berharap, dengan pembelian sejumlah pesawat dan heli tersebut mampu meningkatkan kekuatan Angkatan Udara Republik Indonesia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge