0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilot Tawarkan Pramugari Janda, Kemenhub: Pecat Saja

dok.timlo.net/setyo pujis
Maskapai penerbangan Lion Air saat menaikan penumpang di Bandara Adi Sumarmo (dok.timlo.net/setyo pujis)

Timlo.net – Kementerian Perhubungan menyarankan Lion Group untuk memecat pilot yang terbukti menawarkan pramugari janda kepada penumpang.

“Kalau (menurut) saya, pecat saja karena sudah melanggar prosedur penerbangan, tapi yang bisa memecat kan hanya perusahaan,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Suprasetyo, Kamis (19/11).

Suprasetyo menilai perbuatannya tidak pantas karena co-pilot tersebut diketahui baru satu tahun bekerja. Dia mengatakan pihaknya tengah mengadakan investigasi terhadap co-pilot tersebut.

“Akan kita lihat kalau terbukti bersalah, maka akan kita sanksi baik itu di-‘grounded’ (skors) atau disuruh sekolah lagi saja,” ucapnya.

Dalam kesempatan sama, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan, telah memerintahkan Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub untuk melakukan investigasi tersebut.

“Saya sudah perintahkan bersama-sama manajemen Lion Air untuk memeriksa pilot terkait kejadian tersebut,” ujarnya.

Jonan mengatakan jika terbukti melakukan pelanggaran dan akan diberikan sanksi.

“Paling berat nanti akan di-‘suspend’ (dibekukan lisensi pilotnya), kalau ‘grounded’ (skors) saat ini kan sudah oleh pihak maskapai untuk dimintai keterangan,” tuturnya.

Dia mengatakan sanksi tersebut hanya ditunjukan untuk pilot yang bersangkutan, tidak untuk maskapai.

“Karena ini masalah personal,” jelas dia.

[cob]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge