0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tipu Puluhan CPNS, Sunardi Diganjar 45 Bulan Penjara

Wisnu Gautama, Pejabat Humas PN Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Sunardi, warga Pengin Lor RT 3 RW IX Macanan, Kebakramat,  Karanganyar dijatuhi hukuman 3 tahun 9 bulan (45 bulan) oleh Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Karanganyar. Sunardi merupakan terdakwa penipuan berkedok penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Sebanyak 66 orang menjadi korbannya  dengan nilai kerugian mencapai Rp 2,8 miliar.

“Keputusan tetap majelis hakim tertuang di surat bernomor 129/pid.B/2015/PN Krg,” kata Pejabat Humas PN Karanganyar Wisnu Gautama, Rabu (18/11).

Wisnu menambahkan, hasil sidang kasus pada 16 November 2015 itu menjatuhkan hukuman sesuai pasal 378 dan 374 KUHP tentang penipuan. Vonis majelis hakim ini lebih ringan dibanding tuntutan empat tahun penjara oleh jaksa penuntut umum (JPU).

” Dengan vonis itu, kuasa hukum terdakwa mengaku pikir-pikir menyikapi putusan itu,” jelas Wisnu.

Dari pihak Sunardi, lanjut Wisnu, tidak mengajukan upaya hukum usai sidang putusan. Terkait putusan ini, hal-hal yang memberatkan seperti perbuatan terdakwa yang menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap rekrutmen CPNS.

“Terdakwa  menolak mengembalikan uang para korban,” katanya.

Sedangkan majelis hakim yang dipimpin Nurul Hidayah mempertimbangkan keringanan putusan ini didasari perilaku sopan terdakwa, berterus terang di persidangan dan masih memiliki tanggungan keluarga.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge