0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

E-Billing Mulai Berlaku 2016

timlo.net/setyo pujis

Pelayanan di KPP Pratama Solo

Solo – Pembayaran pajak mulai awal tahun 2016 akan dialihkan memakai sistem elektronik (E-Billing). Hal itu dilakukan untuk mendongkrak penerimaan pajak serta mempermudah wajib pajak saat melakukan pembayaran.

“Jika tahun 2015 ini masih ada dua pilihan antara pembayaran manual dan e-billing. Namun mulai awal tahun 2016 nanti yang manual akan kita hapuskan,” ujar Kepala KPP Pratama Kota Solo, Erna Sulistyowati kepada wartawan, Kamis (19/11).

Dirinya mengatakan, sistem pembayaran pajak dengan menggunakan e-billing diharapkan bisa mempermudah wajib pajak dalam melakukan proses pembayaran. Pasalnya dengan sistem elektronik tersebut wajib pajak bisa melakukan pembayaran kapan saja tanpa harus berkunjung kekantor pajak atau perbankan.

“Untuk menggunakan sistem e-billing itu wajib pajak tinggal mengisi form registrasi di web yang sudah disediakan. Sedangkan pembayaranya bisa datang langsung ke bank yang menjadi mitra ataupun secara elektronik banking,” jelasnya.

Erna juga menjelaskan, demi mempermudah pelayanan, sejumlah personil dari pajak maupun perbankan akan disiapkan untuk membantu wajib pajak dalam melakukan proses pendaftaran.

“Karena ini merupakan sistem baru mungkin masih perlu penyesuaian. Oleh karena itu sosialisasi serta kesigapan pelayanan terus kita upayakan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge