0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perluasan Bandara Adi Sumarmo Terbentur Jalan Tol

timlo.net/nanin

Aktivitas Bandara Adi Sumarmo

Boyolali — Landasan pacu (runway) Bandara Adi Sumarmo, Boyolali, akan diberi pagar. Hal ini untuk menjaga keamanan dan mencegah adanya manusia dan hewan yang menyeberang Pembangunan pagar akan dilakukan tahun ini dan dilanjutkan tahun depan.

“Tujuan utamanya untuk menjamin keselamatan penerbangan,” kata Staf Ahli PT Angkasa Pura I Bandara Adi Sumarmo, Junaedi, Kamis (19/11).

Saat ini, landasan pacu Bandara Adi Sumarmo panjangnya 2.600 meter dengan lebar 45 meter. Sesuai standar, tinggi pagar adalah 2 meter. Dijelaskan juga, pagar yang ada diharapkan bisa mencegah aksi vandalisme dan perusakan terhadap lampu-lampu penerbangan.

“Kita rencananya juga akan menambah panjang landasan pacu menjadi 3.000 meter ke arah barat, tapi rencana tersebut masih tergantung data lalu lintas di Bandara,” tambahnya.

Sementara lalu lintas pesawat di Bandara Adi Sumarmo saat ini masih terbilang longgar. Pada pagi hari hanya ada tiga penerbangan, atau dalam sehari ada 18-20 kali. Sedangkan untuk jumlah penumpang tiap hari berkisar 2.000 orang.

Hanya saja, untuk perluasan landasan pacu, pihaknya mengaku sangat sulit. Pasalnya, lahan terbatas, bila ke sisi utara nanti terbentur jalan tol, sedangkan disampingnya terdapat sungai.

“Kita tunggu kajianya dulu saja,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge