0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kongres HMI Telan Anggaran Rp 3 Miliar

HMI (merdeka.com)

Timlo.net – Kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Indonesia ke 29 dilaksanakan di Pekanbaru pada 22 sampai 26 November mendatang.

Pada kongres itu DPRD Riau telah menyepakati penambahan anggaran yang semula Rp 2 miliar menjadi Rp 3 miliar. Kesepakatan terjadi setelah organisasi itu rapat dengan Komisi C DPRD Riau.

“Banyak memang hal yang ganjal, seperti tiket pesawat. Tapi kami tidak permasalahkan soal ini, asalkan ada pertanggungjawabannya,” kata anggota komisi C DPRD Riau, Ilyas HU, Kamis (19/11).

Sebelumnya, pada tingkat komisi anggaran awal HMI meminta Rp 4 miliar, tapi kemudian dicoret menjadi Rp 2 miliar. Kemudian, dalam rapat tingkat badan anggaran kembali diusulkan untuk ditambah menjadi Rp 4 miliar. Hingga akhirnya Komisi C yang menangani pemberian dana hibah mengalokasikan Rp 3 miliar.

Anggaran tersebut menjadi sorotan karena dipertanyakan apa dampaknya bagi daerah kongres tersebut. Terlebih lagi tidak ada calon dari Riau. Seakan-akan ini menjadikan Provinsi Riau sebagai tuan rumah dengan membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Riau.

“Pada dasarnya kita sepakat berapapun anggarannya, tapi harus jelas pertanggungjawabannya. Apa yang didapat Riau dengan adanya Kongres ini, harus jelas juga,” ungkap Wakil Ketua Komisi C DPRD Riau, Musyafak Asyikin.

Ketua Panitia Nasional HMI, Fat Hariyanto Lisda dalam rapat itu mengatakan, total anggaran yang disusun panitia dalam proposal yang diajukan sudah sesuai dengan tingkat kebutuhannya. Dia menegaskan bahwa tidak ada manipulasi dalam hal itu.

“Banyak dampak positif dengan adanya Kongres ini, dari segi perekonomian atau perputaran uang yang terjadi di Pekanbaru nantinya. Hotel dan rumah makan misalnya bakal terbantu,” jelas salah seorang pengurus PB HMI ini.

Anggaran yang sudah disepakati itu, nantinya akan disahkan dalam RAPBD Perubahan 2015 Senin malam (16/11) ini. Kongres sendiri dikatakan akan dihadiri ribuan kader HMI se-Indonesia, para alumni HMI dan sejumlah pejabat tinggi negara.

[cob]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge