0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Anak SD Diberi Sosialisasi Pencegahan Narkoba dan Miras

dok.timlo.net/achmad khalik
Sosialisasi narkoba dan miras yang dilakukan oleh Polsek Serengan terhadap siswa sekolah dasar (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Wajah siswi kelas 6 SD, Rossel (11) nampak bersemangat mengikuti Sosialisasi Pencegahan dan Antisipasi Narkoba dan Miras, di Aula Kecamatan Serengan, Solo, Kamis (19/11) pagi. Semangatnya terdorong lantaran guru kelasnya sering melarang ia dan teman-temannya supaya tidak memakai dan menjauhi barang haram tersebut.

“Tiap kali pelajaran di kelas, sering dilarang Pak Guru. Atau Bu Guru melarang menggunakan Narkoba. Jadinya penasaran, kayak apa sih bahayanya. Tiap kali pelajaran sering dsinggung,” kata siswi SD Pringgolayan, Tipes, Serengan tersebut.

Tak hanya Rossel, siswi lain, Afifah (11) juga mengaku sangat antusias mengikuti sosialisasi yang diikuti oleh perwakilan seluruh SD di kawasan Serengan tersebut. Ia berpendapat, bahwa Narkoba sangat merugikan diri sendiri ketika itu dikonsumsi.

“Kalau lihat di TV itu, pemakainya dapat dihukum,” terangnya.

Sementara, Kapolsek Serengan Kompol Edi Wibowo yang menjadi narusumber dari kegiatan tersebut mengatakan, pengetahuan tentang Narkoba dan Miras perlu diberikan sejak dini. Sehingga, ketika mereka telah besar nanti tidak sekali-kali mencoba barang haram tersebut.

“Sejak dini generasi muda harus dibentengi. Jangan sampai mereka tidak tahu bahaya narkoba yang merusak generasi bangsa,” jelas perwira menengah berpangkat melati satu tersebut.

Disamping itu, lanjut Kapolsek, pengaruh pergaulan dan lingkungan juga mampu membuat anak-anak mengonsumsi Narkoba dan Miras. Maka dari itu, dirinya berpesan kepada mereka supaya jangan sekali-kali mencoba, mengonsumsi maupun bergaul dengan para pengguna zat psikotropika tersebut.

“Keluarga juga memiliki peran penting dalam membentengi pergaulan anak supaya tidak terjerumus ikut menikmati barang haram tersebut,” paparnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge