0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

ISIS Sebut Kelompok Hacker Anonymous “Idiot”

Anonymous

Dok: Timlo.net/Twitter

Anonymous

Timlo.net—Dalam sebuah pos di aplikasi chat smartphone Telegram, Islamic Cyber Army, sebuah kelompok militan Islamic State, menyebut kelompok hacker Anonymous “idiot” karena mendeklarasikan perang melawan ISIS akhir minggu lalu. Dalam sebuah video yang diposting di YouTube, Anonymous membuat deklarasi perang, bersumpah melakukan serangan cyber besar-besaran terhadap kelompok teroris itu. Video yang diposting sehari setelah peristiwa teror Paris itu ditonton 6 juta orang.

Islamic Cyber Army mencoba membuat lelucon tentang Anonymous: “Apa yang akan mereka hack…yang mereka bisa adalah menghack akun-akun Twitter, email dll..”

Kemarin, Anonymous memang menghack akun-akun Twitter. Mereka merilis daftar 5500 akun Twitter yang diduga sebagai pendukung ISIS supaya akun-akun itu disuspend Twitter. ISIS seringkali menggunakan Twitter untuk menyebarkan propaganda dan berkomunikasi dengan calon anggota baru. Akan tetapi, serangan Anonymous terhadap akun-akun sosial media dianggap berpengaruh kecil terhadap operasi harian dari kelompok teroris itu.

Sebagai respons dari serangan Anonymous, Islamic Cyber Army memberikan saran kepada para pengikutnya: “Jangan gunakan email yang sama dengan username di Twitter kesalahan ini menyebabkan banyak ansar (pengguna simpatisan ISIS) kehilangan akun mereka dan kuffar (non Muslim) mempublikasikan IP mereka, jadi hati-hati.”

Anonymous yang ada saat ini didirikan pada 2008, merupakan versi lain dari 4chan, forum anonim. ISIS sendiri memiliki senjata rahasia, departemen IT 24 jam yang siap mendukung anggota mereka.

Sumber: The New York Magazine.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge