0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

MKD: Rekaman akan Dikirim ke Bareskrim

merdeka.com

Bukti rekaman pencatutan nama Jokowi diserahkan ke MKD DPR

Timlo.net — Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) telah menerima bukti rekaman pencatutan nama Presiden Joko Widodo yang dilakukan oleh Ketua DPR Setya Novanto soal permintaan saham PT Freeport Indonesia dari Kementerian ESDM.

Wakil Ketua MKD Junimart Girsang menyatakan akan memulai melakukan verifikasi rekaman tersebut. Setelah itu, nantinya rekaman tersebut akan diserahkan ke Bareskrim Polri.

“Hasil verifikasi besok itu akan kami rapatkan di tingkat pimpinan, setelah itu di tingkat anggota kuorum, dan biasanya akan kami serahkan ke Bareskrim yaitu bagian IT untuk memeriksa orisinalitas suaranya,” kata Junimart di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (18/11).

Pihaknya akan memeriksa bukti rekaman tersebut apakah sama dengan transkip rekaman yang beredar.

“Kita akan cocokan dulu antara bukti yang kita terima dan kita bikin dalam bentuk transkrip juga, sama nggak dengan yang pertama, ada informasi kan putus-putus. Nah kita mau cocokkan,” tukasnya.

Menurut dia, apabila dalam rekaman itu Ketua DPR Setya Novanto benar terbukti mencatut nama Presiden Jokowi dalam perpanjangan kontrak PT Freeport, MKD hanya bisa memberi sanksi penegakan kode etik. Sedangkan sanksi hukum merupakan kewenangan kepolisian, kejaksaan agung, dan KPK.

“Kami hanya dalam ranah penegakan kode etik. Untuk sanksi pencatutan nama presiden itu masih belum bisa diketahui apakah akan diberikan sanksi ringan, sedang atau berat, kita akan verifikasi,” tandasnya.

[dan]

Sumber : merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge