0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Enam Ton Apem Bakal Disebar Pada Puncak Peringatan Yaa Qowiyu

Perayaan Yaaqowiyuu di Jatinom, Klaten (Dok. Timlo.Net)

Klaten — Sejumlah persiapan sudah dilakukan panitia perayaan Yaa Qowiyu di Desa Jatinom, Kecamatan Jatinom, Klaten. Tradisi peninggalan Ki Ageng Gribig ini rencananya bakal dimulai Kamis (19/11) sore, di halaman kantor kecamatan setempat.

“Besok pembukaan akan dimeriahkan drumband siswa sekolah di Jatinom dan berbagai tarian tradisional,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Klaten, Joko Wiyono, Rabu (18/11).

Ditambahkannya, puncak perayaan sebar apem Yaa Qowiyu yang digelar setiap bulan Sapar pada penanggalan Jawa itu akan berlangsung pekan depan, Jumat (27/11). Seperti dua tahun terakhir, tahun ini panitia tidak akan memungut tiket masuk sehingga Pemkab Klaten tidak menargetkan pendapatan asli daerah (PAD).

Hal senada juga disampaikan Camat Jatinom Sip Anwar. Tahun 2015 ini jumlah apem yang akan disebar di oro-oro Tarwiyah di Lapangan Sendang Plampeyan, dekat komplek Makam Ki Ageng Gribig sama dengan tahun 2014.

“Persiapan sudah dilakukan, nantinya dua hari sebelum acara sebaran apem, masyarakat Jatinom akan mempersiapan apem yang akan disebarkan tanpa dikomando. Rencananya, apem yang akan disebar mencapai 6 ton sama dengan tahun lalu,” beber Sip Anwar.

Informasi dihimpun, setelah pembukaan, Sabtu (21/11) akan digelar parade drumband dari anak-anak TK, SD, SMP sampai SMA/SMK se-eks Tubup Jatinom. Esok harinya, Minggu (22/11) diadakan Karnaval Budaya di Jalan Raya Jatinom. Kemudian pentas Reog dan Jatilan di Jalan Raya Jatinom, Selasa (24/11) dan Lomba Panahan Tradisional Gaya Mataraman di Lapangan Desa Bonyokan, Rabu (25/11).

“Menjelang puncak Yaa Qowiyyu, akan diadakan Kirab Gunungan dari halaman kecamatan Jatinom menuju Masjid Gedhe Jatinom. Gunungan apem kemudian disemayamkan satu malam sebelum dibawa ke oro-oro Tarwiyah untuk sebaran apem, Jumat (27/11) selesai Salat Jumat,” imbuh Camat jatinom.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge