0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Koridor Hampir Rampung, Pasar Gede Diproyeksikan Ikon Wisata Baru

timlo.net/daryono

Komisi II mengecek pedestrian di kawasan Pasar Gede yang merupakan bagian penataan koridor Pasar Gede

Solo – Penataan koridor Pasar Gede tahun ini segera rampung. Melalui penataan koridor baru itu, Pasar Gede diharapkan tidak hanya sekedar pasar tetapi mampu menjadi pasar wisata seperti halnya kawasan Malioboro, Yogyakarta.

“Progresnya saat ini 70 persen. 9 Desember selesai sesuai kontrak,” kata Kepala Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Solo, Agus Djoko Witiarso saat menemani inspeksi Komisi II DPRD Solo di Pasar Gede, Rabu (18/11).

Agus menerangkan, penataan koridor Pasar Gede dengan anggaran Rp 5 Miliar dari Bantuan Gubernur Jawa Tengah ini menggabungkan konsep revitalisasi Pasar Gede dengan penataan transportasi di kawasan Pasar Gede. Penataan itu meliputi pembuatan pedestrian melingkar Pasar Gede dengan lebar dua meter, pembuatan taman parkir dan fasilitas pendukung lainnya.

“Makanya ada parkir, ada ruang pedestrian yang cukup lebar. Diharapkan peran dan fungsi Pasar Gede itu tidak hanya sekedar pasar, tetapi sudah menjadi ikon Solo, salah satu daya tarik wisata di kota Solo,” ujar dia.

Dalam penataan ini, lanjut Agus, DTRK tidak bekerja sendiri. Penataan melibatkan dinas terkait lainnya seperti Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo dan Dinas Pekerjaan Umum (DPU). Secara keseluruhan, konsep penataan jangka panjang diproyeksikan menelan anggaran Rp 25 Miliar.

“Tahun ini anggarannya baru Rp 5 Miliar yang berasal dari Bangub,” kata Agus.

Ketua Komisi II DPRD Solo, YF Sukasno meminta dinas terkait mengkomunikasikan penataan baru di kawasan Pasar Gede dengan pedagang dan pengunjung. Ia juga berharap fungsi pedestrian dimanfaatkan sebagaimana mestinya, bukan untuk menggelar dagangan pedagang atau untuk parkir.

“Semua harus konsisten dengan yang dibangun DTRK. Pedestrian bukan untuk menata datangan. Jadi harus sesuai fungsinya,” ujar dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge