0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Meditasi Dua Kali Lebih Efektif Dibandingkan Obat Penghilang Sakit?

Meditasi

Dok: Timlo.net/Daily Mail.

Meditasi

Timlo.net—Meditasi bisa lebih efektif untuk mengatasi rasa sakit dibandingkan obat penghilang rasa sakit seperti morfin, kata para peneliti.

Penelitian itu menyatakan jika meditasi selama 20 menit per hari bisa mengurangi rasa sakit secara lebih efektif. Para peneliti merekrut 75 orang sehat dan yang bebas dari rasa sakit sebelum membagi mereka ke dalam beberapa kelompok dan menguji respons mereka terhadap rasa sakit.

Para relawan ini dibagi dalam empat kelompok: kelompok meditasi, obat plasebo, krim jelly plasebo dan grup kontrol.

Mereka melalui serangkaian scan otak sebuah alat pemanas ditempelkan pada kulit hingga mereka sakit. Mereka lantas diminta memberikan penilaian tentang intensitas rasa sakit, sensasi fisik dan ketidaknyamanan serta respons emosional mereka.

Kemudian mereka diajari cara bernafas dengan benar dan teknik relaksasi. Setelah itu mereka menjalani scan otak lagi. Hasil scan menunjukkan jika wilayah otak yang merespons rasa sakit lebih tenang setelah meditasi. Bahkan, menurut penelitian yang dilakukan oleh Wake Forest Baptist Medical Centre di Carolina Utara, Amerika Serikat (AS) itu wilayah otak yang terkait rasa sakit itu dimatikan.

Penelitian sebelumnya menunjukkan jika obat penghilang rasa sakit seperti morfin bisa mengurangi rasa sakit hingga 22 persen. Tapi meditasi dilaporkan bisa mengurangi rasa sakit hingga 27 persen dan bahkan hingga 27 persen untuk aspek emosional dari rasa sakit.

“Penelitian ini adalah penelitian pertama yang menunjukkan jika meditasi adalah sebuah cara yang berbeda dan menghasilkan penghilang sakit di atas efek obat analgesik,” kata pemimpin penelitian Dr. Fadel Zeidan.

Sumber: Daily Mail.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge