0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Usulan BCB Tak Pengaruhi Pelebaran Kretek Bang

Kretek Bang, Wonogiri (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Rencana pelebaran viaducht alias Kretek Bang atau jembatan kereta api di dekat Bangjo Ponten Wonogiri tidak akan terpengaruh dengan adanya usulan tempat tersebut sebagai benda cagar budaya (BCB). Pemerintah terus mengebut upaya persiapan pelebaran, diantaranya mengukur jalan yang berada di bawahnya.

“Kami sudah melayangkan surat ke BPCB (Balai Pelestarian Cagar Budaya) Jateng. Intinya kami ingin kretek bang itu tetap bisa dilebarkan, untuk menghindari kemacetan,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Wonogiri, Ismiyanto, Rabu (18/11).

Diakui, pelebaran Kretek Bang Wonogiri sudah direncanakan beberapa waktu lalu. Sebab, kaki jembatan membuat jalan raya di bawahnya menyempit. Kendaraan yang melintas terpaksa antri untuk melaluinya. Namun rencana itu sempat terganjal aturan. Pasalnya Kretek Bang diusulkan menjadi BCB. Belum lama ini, BPCB telah memberikan balasan, yakni meminta kejelasan rencana pelebaran jembatan kereta api tersebut.

“Ini kami tengah melaksanakan pekerjaan pengukuran bersama Bina Marga Provinsi,” terangnya.

Soal anggaran yang akan digunakan untuk proyek pelebaran dari pemerintah pusat. Proyek itu merupakan ranah Kementerian Perhubungan. “Kami yang di daerah sebatas membantu. Misalnya mengkoordinasikan dengan warga sekitar yang terdampak proyek,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge