0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Setnov Dituduh Lobi PM Jepang, Fadli Zon: Tidak Ada Lobi Pesawat

Fadli Zon, Wakil Ketua DPR (dok`merdeka.com)

Timlo.net – Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, membantah Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) melakukan lobi ke Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe membahas pembelian alat utama sistem persenjataan (alutsista).

“Tidak ada itu lobi pesawat, kalau ada yang mengatakan lobi pesawat itu ngawur saja itu. Kita bicarakan normatif, nah itu dilakukan pemerintah, jadi kalau ada rencana kerjasama dengan pemerintah ya kita dukung,” kata Fadli, Rabu (18/11).

Dugaan lobi tersebut juga muncul dalam pemberitaan yang ditulis media Jepang, The Japan Times pada tanggal 12 November lalu. The Japan Times menulis, Setnov menuturkan kepada Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe bahwa Indonesia mempertimbangkan pembelian US-2 jenis Amfibi sebagai sinyal kerja sama pertahanan kedua negara.

“Bahas apanya? Jangan-jangan kita salah baca. Saya juga baca, Japan Times. Jadi tak benar ada lobi-lobi,” ujar dia.

Sebelumnya, Setnov diduga ikut mempertimbangkan pembelian pesawat US-2 jenis Amfibi. Padahal, Ketua Komisi I Mahfudz Siddiq mengatakan, pembelian pesawat U-2 jenis Amfibi tak masuk dalam perencanaan renstra tahun 2016. Menteri Pertahanan Ryamizard juga tak pernah merencanakan pembelian pesawat tersebut.

Dia menambahkan, pembelian alutsista harus melalui proses yang begitu lama.

“Kalau TNI enggak ada perencanaan, kan enggak bisa masuk. Kalau ada perencanaan pesawat Amfibi, itu akan masuk salah satu opsi. Kan ada pemilihan spesifikasi, open binding, skema pembayaran. Enggak bisa ujug-ujug,” tandasnya.

[bal]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge