0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tangani Bencana, DKK Siapkan Tim Gerak Cepat

dok.timlo.net/nanang rahadian
Penanganan bencana (ilustrasi) (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Tim Gerak Cepat (TGC) Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar kembali ditekankan prosedur standar penanganan korban bencana alam. Para personel di puskesmas diinstruksi mendata kalangan risiko tinggi (Risti) dari kalangan anak-anak, wanita hamil, manula dan penderita penyakit kronis. Pendataan ini merupakan poin penting prosedur standar penanganan korban bencana alam bagi TGC DKK.

“Kita mengingatkan kembali tugas pokok TGC DKK yang tersebar di puskesmas seluruh Karanganyar,” katanya Koordinator Pos Dinamis DKK Karanganyar, Fatkhul Munir, Rabu (18/11).

Petugas Puskemasma mendata jumlah risti di daerah rawan bencana terutama di wilayah rawan banjir seperti Jaten dan Kebakkramat dan tanah longsor di 4 J (Jumapolo, Jumantono, Jenawi, Jatiyoso Jika bencana alam melanda, petugas tak akan kebingungan memilah kelompok risti sekaligus mendampinginya di pengungsian.

“Petugas medis tahu benar prosedur semacam ini, namun masih sukar menerapkannya di saat situasi belum genting. Terbukti saat pelaksanaan uji prosedur tetap (Protap) penanggulangan bencana alam di Kebakkramat masih banyak yang kebingungan,” jelasnya.

Idealnya, lanjut Munir, pos kesehatan desa (PKD) mengkoordinasi kebutuhan kalangan risti untuk kemudian melaporkannya ke pos induk. PKD juga bertugas memetakan Tempat Pengungsian Sementara (TPS) sebelum korban bencana alam dievakuasi ke Tempat Pengungsian Akhir (TPA). Sedangkan TGC DKK di pos induk bertugas menyiapkan logistik bagi kalangan risti dengan terlebih dulu menyeleksinya.

“Makanan ibu hamil dengan manula berlainan. Inilah perlunya rapid health assesement. Kaitannya dengan logistik dan sumber daya terutama epidemolog,” ujarnya.

Kini, DKK tengah menata stok opname obat-obatan dan personal hygiene dalam rangka persiapan menghadapi kondisi luar biasa (KLB).

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge