0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banyak Penghuni Rusunawa Solo Nunggak Bayar Sewa

Rusunawa Kerkov, Jebres, Solo (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Solo melayangkan surat peringatan kepada puluhan penghuni rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) yang tersebar di Kota Bengawan. Pasalnya para penghuni Rusunawa tersebut menunggak bayar sewa hingga tiga bulan dengan beragam alasan.

“Alasannya bermacam-macam. Tapi biar bagaimana ini kan tetap kewajiban mereka, kami minta mereka tertib membayar,” kata Kepala Unit Pelaksana teknis Dinas (UPTD)  Rumah Sewa Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Toto Jayanto, Rabu (18/11).

Dia mengatakan rata-rata tingkatan keterlambatan pembayaran ini hanya berkisar satu hingga tiga bulan. Toto mengaku masih akan memberikan toleransi kepada para penghuni Rusunawa, namun dirinya tetap meminta penghuni untuk segera menyelesaikan tunggakan sewa.

Toto mengaku keterlambatan ini biasa terjadi. Dia juga menyadari bahwa penghuni Rusunawa sebagian besar adalah masyarakat berpenghasilan rendah.

“Kita sadar, karena itu kita masih beri toleransi untuk mereka,” katanya.

Toto mengatakan selama ini terus kebanjiran pendaftar Rusunawa. Tercatat ada puluhan warga yang antre untuk menjadi warga Rusunawa. Mereka kemudian diseleksi dan masuk dalam daftar tunggu penghuni Rusunawa.

Persyaratan penghuni Rusunawa di antaranya berpenghasilan rendah, sudah menikah dan belum memiliki rumah, warga ber-KTP Solo. Pihaknya mengancam tidak akan segan-segan mencabut izin sewa Rusunawa jika penyewa terbukti melanggar ketentuan yang telah ditetapkan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge