0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sinergisitas Antar Daerah Bisa Dongkrak Pariwisata

Wakil Ketua Satu SGS 2016, Daryono (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo – Untuk mengembangkan sektor pariwisata di wilayah Soloraya dibutuhkan sinergisitas antar Pemerintah Daerah (Pemda). Hal itu penting dilakukan karena setiap daerah memiliki potensi masing-masing.

“Jika tujuanya adalah untuk menggenjot sektor pariwisata, tentu yang perlu dilakukan selain kreasi dan inovasi adalah sinergisitas daerah di Soloraya. Ego daerah harus dikesampingkan,” ujar Ketua Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Solo, Daryono kepada wartawan, Selasa (17/11).

Dirinya mengatakan, selama masing-masing daerah masih berjalan sendiri-sendiri seperti sekarang tentu sulit untuk bisa membuat konsep pariwisata yang terintegrasi. Padahal jika potensi yang ada bisa disatukan justru banyak keuntungan yang bisa didapatkan.

“Misal untuk Wonogiri dengan potensi pantainya, Karanganyar agrowisata dan pegunungan, Sragen museum, Boyolali wisata sejarah sedangkan Solo sentral bisnis, perdagangan dan investasi, jika ini bisa diintegrasikan dan dikemas secara menarik dalam sebuah paket wisata tentu akan banyak wisatawan yang tertarik berkunjung,” jelasnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bandara Internasional Adi Soemarmo, Junaidi secara terpisah menyampaikan jika letak posisi bandara yang sangat strategis mestinya bisa menjadi pintu gerbang terkait industri, perdagangan dan pariwisata.

“Banyaknya fasilitas Bandara yang diberikan, seperti terminal kargo, embarkasi haji serta  rute penerbangan domestik dan internasional ini tentu sangat positif untuk mendongkrak pertumbuhan disegala sektor termasuk pariwisata,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge