0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Natal dan Tahun Baru, Pasar Mobkas Tetap Lesu

timlo.net/setyo pujis

Bursa mobil bekas Sriwedari

Solo – Jelang hari raya Natal dan perayaan Tahun baru, pasar mobil bekas (mobkas) di wilayah Solo masih sepi pembeli. Melihat kondisi tersebut sejumlah pelaku bisnis mobil bekas pun memilih menghabiskan stok barang karena takut tidak laku terjual.

“Tahun ini memang bisnis jual beli mobil bekas sedang lesu. Bahkan menjelang perayaan Natal dan Tahun baru pun belum terlihat ada peningkatan permintaan,” ujar Pemilik Hurindo Motor, Muhamad Mashuri kepada wartawan, Selasa (17/11).

Dirinya mengatakan, lesunya permintaan jual beli mobil bekas lantaran dipengaruhi banyak hal. Mulai dari daya beli masyarakat yang turun, fluktuasi harga BBM serta maraknya peredaran mobil murah oleh sejumlah agen tunggal.

“Jika tahun sebelumnya, saat menjelang Natal dan tahun baru seperti ini kenaikan permintaan bisa mencapai 100 persen. Kalau tahun ini penjualan bisa kembali normal saja sudah bagus,” jelasnya.

Dia mengaku, permintaan mobil bekas saat ini sangat turun derastis. Bahkan penurunan bisa mencapai sekitar 70 persen jika dibandingkan kondisi normal sebelumnya. Untuk mengantisipasi kerugian, pihaknya lebih memilih mengurangi jumlah stok unit jika dirasa tidak ada permintaan.

Sementara itu, pemilik show room mobil bekas Alvin Motor, Totok Supriyadi menuturkan jika setelah Lebaran kemarin kondisi jual beli mobil bekas terus mengalami penurunan.

“Saat Lebaran kemarin kita bisa menjual 12 unit kendaraan, namun bulan setelah itu langsung turun derastis atau hanya sekitar 5-7 unit,” ungkapnya.

Kendati demikian, dirinya mengaku jika menjelang perayaan Natal dan Tahun baru ini permintaan diprediksi akan meningkat. Untuk memaksimalkan penjualan, pihaknya akan memanfaatkan jasa media online dan offline.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge