0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lagi, BKSDA Amankan Satwa Langka di Solo

dok.timlo.net/achmad khalik
(Ilustrasi) Satwa langka yang berhasil diamankan petugas (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Anggota Satreskrim Polresta Solo bersama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah, lagi-lagi mengamankan sejumlah satwa langka di beberapa lokasi di Kota Solo. Sejumlah satwa langka yang berhasil diamankan antara lain seekor burung elang jenis brontok atau alap-alap, dua ekor burung jenis nuri hitam dan seekor burung kangkong paruh bengkok.

“Kami telah memberikan penyuluhan kepada para pemilik, bahwa satwa yang mereka pelihara tergolong langka. Dari penyuluhan itu, akhirnya mereka dengan sukarela memberikan supaya dikonservasi oleh pihak BKSDA Jawa Tengah,” kata Kanit Penyidik IV Satreskrim Polresta Solo AKP Sutoyo mewakili Kasatreskrim Kompol Saprodin, Selasa (17/11).

Sejumlah satwa yang diamankan tersebut diperoleh dari sebuah rumah di kawasan Kerten, Laweyan. Tak hanya itu, sejumlah hotel di kawasan Jalan Slamet Riyadi dan di Banjarsari juga ikut menyerahkan satwa langka yang mereka miliki secara sukarela.

“Mengingat hewan yang kami pelihara masuk kategori langka, maka dengan sukarela kami serahkan kepada pemerinta,” terang Sendang, general manager salah salah satu hotel terbesar di Kota Solo.

Sebelumnya diberitakan, seorang warga Solo, Yudi Himawan juga telah menyerahkan peliharaan kesayangannya berupa burung kakak tua jambul kuning ke pihak BKSDA Jawa Tengah. Meski dengan berat hati, namun dirinya harus melepas burung yang telah ia pelihara sejak empat tahun silam itu.

“Ya awalnya gak tahu kalau sudah masuk kategori langka. Setelah diberitahu dan saya juga memberi pengertian kekeluarga saya, akhirnya dengan berat hati kami menyerahkan kepada pemerintah,” terang pria yang berprofesi sebagai pengusaha sukses tersebut.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge