0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mendengar Musik, Bantu Proses Belajar?

Mendengarkan musik

Dok: Timlo.net/Google

Musik

Timlo.net– Biji mata melebar jika kita mendengar musik yang memiliki pengaruh emosional yang besar bagi kita, tulis para peneliti. Mereka berkata jika semakin lebar biji mata, semakin dalam musik itu menyentuh kita. Selain itu terungkap jika kita mendengarkan lagu yang paling membuat kita bahagia akan menolong kita belajar lebih banyak.

Penelitian itu diadakan oleh dua universitas di Austria untuk menganalisa dampak musik pada biji mata seorang pendegar. Tim peneliti dari Universitas Vienna dan Universitas Innsbruck, dipimpin oleh Bruno Gingras, menggunakan alat laser pelacak gerakan biji mata untuk mengukur respon para peserta untuk mendengar musik pendek dari beragam melodi piano.

Penelitian juga menunjukkan jika musik mempengaruhi kemampuan para siswa untuk belajar. Mendengarkan musik sembari belajar atau mengerjakan tugas menolong para siswa memahami lebih informasi. Musik menolong mereka meningkatkan perhatian, memori dan kemampuan melakukan penghitungan matematika secara mental juga mengurangi depresi dan kegelisahan.

Hal ini disebut “Mozart Effect”. Dr. Nick Perham, seorang dosen dari the School of Health Sciences dari University of Whales Institute, mengadakan penelitian untuk mempelajari bagaimana musik bisa menginterfensi potensi memori jangka pendek.

“Kami menemukan jika mendengarkan musik yang disukai atau tidak disukai memiliki efek yang sama terutama dalam kondisi yang tenang,” kata Perham.

Mendengarkan musik dalam situasi di mana orang perlu mengingat hal-hal sesuai urutan bisa membuat orang bingung, menurut Perham.

Sumber: Daily Mail.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge