0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pasokan Minim, Harga Buah Lokal Melambung Tinggi

timlo.net/setyo pujis

Pedagang pisang di Pasar Legi

Solo – Harga sejumlah buah lokal di Pasar Legi Solo melambung tinggi selama beberapa pekan terakhir. Kondisi tersebut terjadi lantaran pasokan barang yang ada tidak sepadan dengan tingginya permintaan.

“Sudah sepekan terakhir ini pasokan buah pisang lokal kosong. Karena langkanya barang tersebut sangat wajar jika harga buah pisang melambung tinggi,” ujar salah satu pedagang buah pisang di Pasar Legi Solo, Warni kepada Timlo.net, Senin (16/11).

Dirinya mengatakan, karena langkanya pasokan buah pisang tersebut membuat harga di pasaran melonjak tinggi. Misalnya untuk pisang ambon, dari sebelumnya Rp 15 Ribu per sisir sekarang menjadi Rp 25 Ribu per sisir. Pisang susu dari sebelumnya Rp 6 Ribu per sisir sekarang Rp 15 Ribu per sisir, pisang kepok dari sebelumnya Rp 12 Ribu per sisir sekarang menjadi Rp 15 Ribu per sisir.

“Minimnya pasokan ini karena adanya pergantian musim, sehingga banyak pohon pisang yang mati. Sebelumnya buah pisang dipasok dari beberapa daerah seperti Boyolali dan Karanganyar,” jelasnya.

Hal sama juga disampaikan pedagang buah lainya, Bandiyati mengaku untuk beberapa buah lokal seperti apel malang dan jambu ikut merangkak naik.

“Harga jambu dari sebelumnya Rp 8 Ribu per Kilogram sekarang naik menjadi Rp 10 Ribu per Kilogram, Apel malang dari Rp 5 Ribu per Kilogram sekarang naik menjadi Rp 7 Ribu per Kilogram,” tandasnya.

Atas naiknya harga buah tersebut sehingga berdampak kepada turunya penjualan. Menurutnya pelanggan lebih memilih mengurangi pembelian karena harganya mahal.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge