0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gasak Puluhan Ponsel, Residivis Didor

timlo.net/aditya wijaya

Dua pelaku pembobolan counter HP di Desa Prawitam, Jogonalan, Klaten

Klaten — Dua pencuri puluhan ponsel gengam dari sebuah konter di Dukuh Tegalmas, Desa Prawatan, Kecamatan Jogonalan, dibekuk Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Klaten. Bahkan satu tersangka terpaksa merasakan timah panas polisi karena hendak melarikan diri.

“Kedua pelaku Jawaldi (45) dan Riyanto (40) kita tangkap lantaran menggasak 24 unit ponsel dari konter milik Doni Yuwona (31) warga Dukuh Tegalmas, Desa Prawatan, Kecamatan Jogonalan,” tutur Kasat Reskrim Polres Klaten AKP Farial M Ginting, Senin (16/11).

Aksi pencurian terjadi Minggu (20/9) silam pukul 00.30 WIB. Kedua pelaku berboncengan naik motor menuju konter korban yang terletak di ruko Jalan Tegalmas-Srowot. Mengetahui konter sepi, keduanya lantas menggondol 24 ponsel dan 25 bungkus rokok yang kemudian dimasukan kedalam karung.

Dari pengakuan Jawaldi yang kaki kanannya bersarang sebuah peluru mengatakan, puluhan ponsel tersebut ditawarkan ke warga ketika perjalanan ke Yogyakarta dengan harga Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu.

“Di jalan-jalan pas mau ke Yogya saya jual, siapa saja yang mau beli. Hasilnya dapat Rp 700 ribu. Uangnya saya gunakan untuk makan sehari-hari karena upah sebagai buruh harian tidak mencukupi,” kata warga Dukuh Jatisari, Desa Gayamharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman itu saat gelar perkara di Mapolres Klaten.

Informasi dihimpun, kedua pelaku termasuk penjahat kambuhan karena pernah ditahan kasus serupa pada tahun 1990 dan 2000. Kala itu Riyanto masuk penjara karena mencuri televisi, sedangkan Jawaldi dibui karena mencuri jaket.

Selain menangkap kedua pelaku, polisi juga menyita barang bukti berupa lima buah ponsel yang belum dijual, satu unit sepeda motor, sebuah obeng dan topi. Akibat perbuatannya, tersangka terancam hukuman maksimum tujuh tahun penjara, karena melanggar pasal 363 ayat 1 ke 3e, 4e, 5e KUHP.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge