0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jokowi Effect Dongkrak Wisatawan Solo

timlo.net/setyo pujis

Wisman saat berkunjung ke Pura Mangkunegaran

Solo – Terpilihnya Joko Widodo sebagai Presiden RI turut memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata di Solo. Hal tersebut terbukti dari banyaknya agenda meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE) dari kementerian yang digelar di kota Solo.

“Jokowi effect ini memang sedikit banyak cukup berpengaruh terhadap sektor pariwisata Solo. Oleh sebab itu, mestinya bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para pelaku usaha untuk lebih kreatif dalam menggaet wisatawan,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Promosi dan Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dsibudpar) Solo, Budi Sartono kepada wartawan, Senin (16/11).

Dirinya mengatakan, dari total wisatawan yang berkunjung ke kota Solo, sekitar 97 persen disumbang oleh wisatawan nusantara, sedangkan sisanya dari wisatawan mancanegara.

“Minimnya kunjungan wisman ini karena obyek wisata di Kota Solo masih terlalu minim. Namun kita terus mencoba untuk berkreasi agar kunjungan terus meningkat,” jelasnya.

Dia juga menyampaikan, jika selama ini yang menjadi salah satu kendala pembangunan obyek wisata adalah dukungan dari investor. Menurutnya saat ini kebanyakan investor lebih tertarik kepada sektor hotel, pabrik dan pusat perbelanjaan ketimbang pembukaan obyek wisata baru.

Sementara itu, Ketua Asita Solo, Daryono mengungkapkan jika Jokowi effect mestinya juga dibarengi dengan perbaikan obyek wisata dan inovasi paket wisata. Karena jika hanya mengandalkan Jokowi effect sifatnya hanya sementara.

“Masih banyak potensi wisata yang perlu dikreasikan, misalnya trend ecowisata dan wisata yang menawarkan pengalaman baru masih cukup banyak diminati. Selain itu juga kota Sholawat yang ada kesamaan dengan karakteristik Malaysia yang notabene negara Islam, mestinya ini juga potensi yang terus bisa digali untuk mendongkrak wisman,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge