0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KPU Sragen Musnahkan 3.928 Surat Suara Pilbup

timlo.net/agung widodo

Pemusnahan surat suara tak terpakai di KPU Sragen, Senin (16/11)

Sragen – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen memusnahkan 3928 surat suara yang tidak terpakai dalam Pilkada Sragen 9 Desember mendatang. Pemusnahan surat suara ini untuk mengantisipasi adanya surat suara dobel pada saat hari H pencoblosan.

“Ini semua memang harus kita musnahkan. Sehingga nanti pada waktu pemungutan suara tidak ada lagi muncul surat suara. Kalaupun ada surat suara pasti itu bukan dari kami (KPU – Red),” kata Ketua KPU Sragen, Ngatmin Abbas kepada wartawan di sela-sela pemusnahan surat suara di Kantor KPU, Senin (16/11).

Ngatmin menjelaskan, dari 3.928 surat suara yang dimusnahkan, sebanyak 1.082 lembar adalah surat suara yang dinyatakan rusak setelah dilakukan penyortiran beberapa waktu lalu. Sedangkan sebanyak 2.846 lembar adalah sisa hasil sortir yang masih dalam kondisi bagus.

“Ada sisa surat suara cetak, meskipun baik tetap kita musnahkan pada hari ini. Nanti semua ini bakal kita distribusikan ke TPS,” katanya.

Abbas menambahkan, pemusnahan surat suara yang tak terpakai ini merupakan amanat dari PKPU No 6 tahun 2015. Sebelumnya, PT Intan Sejati Klaten, sebuah perusahaan pemenang tender pencetakan surat suara telah mengganti terhadap surat suara yang dinyatakan rusak sesuai dengan jumlah kerusakan.

Pemusnahan surat suara dilakukan dengan cara dibakar di halaman Kantor KPU Sragen dengan disaksikan Panwaslu, Polres dan tim masing-masing pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Sragen.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge