0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Polisi Gandeng Mahasiswa Tekan Pelanggaran dan Laka Lantas

timlo.net/achmad khalik

Kegiatan Police Goes to Campus yang digelar oleh Korlantas Mabes Polri di Paragon Life Style Mall, Solo

Solo — Tingginya angka pelanggaran lalu lintas ditengarai lantaran kurangnya kesadaran masyarakat untuk mentaati peraturan lalu lintas di jalan raya. Berawal dari itu, Korlantas Mabes Polri menggelar kegiatan ’Police Goes to Campus’ di Atrium Solo Paragon Lifestyle Mall, Senin (16/11) siang.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menekan pelanggaran sekaligus angka kecelakaan lalu lintas dijalan raya,” kata Kasatlantas Polresta Solo, AKP Prayudha Widiatmoko saat ditemui disela kegiatan.

Kegiatan tersebut, dihadiri oleh ratusan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Kota Solo, seperti UNS, UMS, Unisri, Uniba, dan UTP. Sebagai pembicara, turut dihadirkan para pembicara yang kompeten di bidangnya. Seperti Kabid Dikmas Korlantas Mabes polri Kombespol Pujiono Dulrachman, ketua Masyarakat Transportasi Indonesian (MTI) Solo Budi Yulianto dan Pakar Transportasi Sigit Santoso.

“Kita cari pelopor berlalu lintas untuk tata tertib lalu lintas, di sini kami melihat mahasiswa sebagai intelektual kita harapkan mampu menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas,” tuturnya mewakili Kapolresta Solo Kombespol, Ahmad Luthfi.

Meski acara kampus, namun pihaknya sengaja menggelar kegiatan tersebut di mall terbesar di Kota Solo. Hal ini bertujuan supaya dapat mengena di masyarakat umum.

“Kalau masyarakat kan jarang jalan ke kampus, kebanyakan mereka di mall atau tempat-tempat umum lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Dikmas Korlantas Mabes polri Kombes Pol Pujiono Dulrachman menegaskan perlunya kesadaran berlalu lintas oleh masyarakat.

“Dengan para mahasiswa ini kita tingkatkan kesadaran berlalu lintas. Perlu diingat sudah ribuan kejadian kecelakaan lalu lintas dikarenakan tidak taat pada aturan,” tegasnya.

Acara ini sendiri, selain seminar dan diskusi dengan mahasiswa, juga ada peragaan safety riding dan konvoi kendaraan bermotor di sejumlah ruas jalan Solo.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge