0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tebing Retak, Puluhan Rumah Terancam Tanah Longsor

timlo.net/nanang rahadian

Aji Pratama Heru

Karanganyar — Puluhan rumah warga di Dusun Gondang Rejo Desa Gerdu Kecamatan Karangpandan terancam longsor. Rumah warga tersebut berada tepat dibawah tebing setinggi 50 meter yang kondisinya sudah retak. Dari perhitungan awal, retakan tebing itu panjangnya mencapai sekitar 300 meter. Kondisi itu bisa lebih parah seiring datangnya musim penghujan kali ini, pasalnya retakan akan semakin lebar jika terisi air dan sewaktu-waktu bisa terjadi longsor.

“Retakan sudah terjadi setahun ini, terus kita awasi terutama saat musim hujan ini,” kata Camat Karangpandan, Aji Pratama Heru Kristianto, Senin (16/11).

Sebagai antisipasi awal pihaknya telah meminta masyarakat sekitar untuk menutup retakan yang ada di tebing tersebut. Hal itu dilakukan agar air hujan tidak masuk kedalam retakan yang bisa menambah retakan menjadi semakin besar.

Tidak hanya itu pihaknya, juga telah menyiapkan tim siaga bencana di desa setempat. Tim siaga yang terdiri dari tokoh masyarakat dan perangkat desa itu bertugas untuk memantau tebing setiap saat. Mereka juga disiapkan untuk melakukan evakuasi warga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Semua sudah kita siapkan termasuk titik kumpul saat bencana terjadi juga sudah kita siapkan, meski demikian kami berharap hal itu tidak terjadi,” jelas Heru.

Heru menambahkan selain di Desa Gerdu, ancaman longsor juga terjadi di Desa Karang. Menurutnya ancaman longsor itu bakal berpengaruh pada fasilitas publik yang ada, seperti talut dan juga jalan penghubung antar desa. Meski tidak mengancam rumah, longsoran ini juga menimbulkan kerugian yang tidak sedikit bagi masyarakat.

“Kalau jalannya longsor, nantinya jalur perekonomian bakal terputus,” tegasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge