0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Facebook Rilis Alat Safety Status Untuk Warga Perancis

Safety Check

Dok: Timlo.net/CNET

Safety Check

Timlo.net—Facebook menolong para pengguna di Paris untuk memposting status keselamatan mereka dengan cepat setelah serangkaian penembakan dan bom di sekitar kota itu yang membunuh lebih dari 100 orang, Jumat (13/11).

Jejaring sosial itu mengaktifkan alat Safety Check, yang secara otomatis mengirim para pengguna di sekitar lokasi kejadian sebuah pertanyaan jika mereka selamat. Saat mereka mengklik, “Ya, biarkan teman-teman saya tahu,” alat itu lantas akan memberikan notifikasi pada teman-teman Facebook pengguna yang bersangkutan.

Para pengguna di luar Paris bisa juga mengecek jika teman-teman mereka baik-baik saja. Facebook menentukan lokasi berdasarkan informasi yang diberikan para pengguna dalam profil mereka, kota di mana mereka menggunakan internet dan jika mereka menggunakan fitur Nearby Friends, juga lokasi mereka yang terkini. Jika Safety Check salah menentukan lokasi dengan salah, para pengguna bisa menandai jika mereka berada di tempat lain.

Respons Facebook muncul setelah pihak berwenang di Paris mendesak warganya untuk tidak keluar setelah aksi teror itu.

“Komunikasi adalah hal yang penting saat ini,” kata Facebook dalam sebuah pernyataan. “Baik untuk mereka yang ada di sana dan untuk teman dan keluarga yang gelisah saat mengikuti berita,” tambah jejaring sosial itu.

Orang-orang Paris juga bisa menggunakan Twitter untuk memperoleh informasi dan mengekspresikan solidaritas, juga menolong mereka yang mencari tempat yang aman dari serangan. Di bawah hashtag #PorteOuverte (“buka pintu”), para pengguna Twitter di Paris memposting alamat tempat tinggal mereka yang ditawarkan sebagai tempat berlindung.

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge