0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sortir Surat Suara, KPU Libatkan Ratusan Pekerja

merdeka.com

Ilustrasi Pilkada

Boyolali – Surat suara pilkada Boyolali sudah tiba. Mulai Senin (16/11), KPU Boyolali akan memulai penyortiran dan pelipatan surat suara. Setidaknya ada ratusan pekerja yang akan melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara.

“Besok sudah kita mulai sortir dan lipat surat suara,” ujar Anggota KPU Boyolali, Pargito, Minggu (15/11).

Sementara untuk saat ini, surat suara disimpan di KPU dan dijaga ketat oleh petugas Polres Boyolali. Surat suara sendiri tiba di Boyolali pada Rabu malam lalu (11/11) langsung dari salah satu perusahaan percetakan di Kudus dengan pengawalan aparat. Jumlah surat suara yang dikirim ke KPU sesuai dengan angka daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Boyolali 2015 ditambah 2,5 persen atau sebanyak 760.753 lembar.

“Masih ada 2.354 surat suara yang dalam proses percetakan,” tambahnya.

Dijelaskan, 2354 lembar surat suara tersebut merupakan DPT perbaikan. Berdasarkan rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), DPTb1 boleh dimasukkan dalam DPT dengan tujuan menjamin hak konstitusi seluruh warga masyarakat yang mempunyai hak pilih.

“Kita khawatir terjadi kekurangan surat suara, akhirnya kita tambah lagi surat suaranya,” imbuhnya.

Selain menyiapkan surat suara, KPU Boyolali juga menyiapkan logistik pemilu lainnya. Seperti kotak suara, bilik suara, formulir-formulir, termasuk tinta, paku, dan busa untuk alas mencoblos.

“Satu minggu sebelum Pilkada, logistik sudah bisa kita distribusikan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge