0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Meski Harga Melesat, Peminat Aquascape Tak Surut

timlo.net/achmad khalik

Aquascape

Solo — Menghias aquarium dengan beragam tumbuhan di dalam air ini makin digemari oleh banyak kalangan. Terlebih di Kota Solo, beragam alasan, membuat warga Solo mulai gandrung dengan hobi yang satu ini. Semakin meningkatnya minat masyarakat yang jatuh hati dengan hobi tersebut, membuat sejumlah tanaman dan harga ikan untuk membuat aquascape makin melesat tinggi. Meski demikian, hal ini tak membuat surut para penggemar aquascape untuk membelinya.

“Penghobi aquascape makin banyak. Buktinya, ada saja masyarakat yang datang kesini untuk membeli ikan atau sejumlah perlengkapannya,” terang salah seorang pedagang di Pasar Ikan Depok, Banjarsari, Solo, Eva (36).

Tak tanggung-tanggung, penggemar aquascape mulai dari anak usia pelajar hingga usia tua atau kalangan pekerja. Eva menganggap, hobi baru yang tergolong unik tersebut telah menarik hati banyak kalangan. Selain dipercaya mampu memanjakan mata dengan bentuk hiasan yang mempesona, aquascape juga dipercaya mampu menurunkan tingkat stres yang tinggi.

“Ada yang dipasang dikamar, ruang tamu atau ruang keluarga. Biasanya, mereka senang melihat aquascape hasil hiasannya sendiri untuk menurunkan penat setelah beraktifitas,” ungkap Eva.

Eva juga mengaku, belakangan ini harga ikan serta tanaman yang dijualnya mengalami kenaikan tinggi. Hal itu, dikarenakan banyaknya permintaan dari pembeli. Meski harga jual terdongkrak naik, namun tak menyurutkan permintaan dari para peminat aquascape. Mereka tetap membeli sejumlah kebutuhan untuk mempercantik dan membuat sempurna hasil aquascape miliknya.

“Sekarang ini sangat tinggi, semuanya naik baik ikan mauupun tumbuhannya. Tapi, peminatnya juga makin banyak,” ujar Eva.

Disinggung jenis ikan yang paling dicari oleh para pecinta aquascape, Eva mengaku, jenis guppy dan supertetra banyak menjadi buruan. Harganya berkisar antara Rp 3.000 hingga Rp 6.000 per ekor. Dulunya harga per ekor ikan guppy maupun supertetra hanya sekitar Rp 1.000 hingga Rp 2.000.

“Kalau supertetra diburu karena warna birunya yang indah. Sedangkan ikan guppy karena bentuk ekornya yang unik,” jelas Eva.

Sedangkan, untuk tanaman air biasanya Eva mematok harga sekitar Rp 3.000 hingga Rp 5.000 per tanaman.

Salah seorang penggemar aquascape, Wisnu (26) mengaku menyukai hobi tersebut setelah beberapa temannya menghias aquariumnya menggunakan tanaman air. Lantaran kepincut ingin memiliki, akhirnya dirinya ikut membangun sebuah aquascape yang kini telah memasuki proses sekitar 60 persen.

“Saya jadikan hiasan di rumah, untuk menghilangkan penat,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge