0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Karanganyar Soloraya Creative Expo (SCE) 2015

Rame-Rame Selfie di Tank Milik TNI

dok.timlo.net/nanang rahadian
Masyarakat berfoto di atas tank milik TNI yangdipamerkan di Alun-Alun Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar —  Tidak hanya produk kreatif yang menarik dalam Karanganyar Soloraya Creative Expo (SCE) 2015 di Alun-alun Karanganyar, namun alat utama sistem persenjataan (Alutsista) milik TNI yang juga dipamerkan banyak menarik minat pengunjung. Salah satu di antaranya adalah Tank Marder 1A3 TNI AD. Tank buatan Jerman itu menjadi tontonan masyarakat, bahkan menjadikan tank tersebut sebagai lokasi foto-foto maupun selfie.

”Senang, biasanya hanya melihat televisi. Sekarang bisa naik ke atas tank,” tutur Rahmat (9) warga Tasikmadu itu sembari ditemani ayahnya, Sabtu (14/11).

Tak hanya itu, sejumlah kendaraan tempur jarak, senjata laras pendek hingga seragam TNI juga dipamerkan. Alutsista yang dipamerkan tersebut dari sejumlah satuan TNI AD, mulai dari Batalyon Infanteri 413 Bremoro Mojolaban Sukoharjo, Batalyon 408 Suhbrasta Sragen, Brigade Infanteri (Brigif) 6 hingga Grup 2 Kopassus Kartasura.

Komandan Pleton (Danton) 2/A/ Yonif 413, Letda Inf Mario Belo mengungkapkan, tank yang dipamerkan berjenis Merder 1A3 RI. Tank buatan Jerman itu mempunyai kemampuan tempur jarak jauh. Dengan kecepatan bermanuver 70 km per jam dan jarak tempuh maksimal 250 km. Tank tersebut mampu menjelajahi semua medan, baik di darat maupun di laut.

”Tank ini bisa digunakan untuk pertempuran jarak jauh sekaligus kendaraan tempur pengangkut personel,” jelasnya,

Ditambahkannya, selain tiga awak yakni satu pengemudi, satu penembak, dan danran (komandan kendaraan-red) juga mampu membawa satu regu pasukan infanteri. Persenjataan yang digunakan berjenis Canon Kaliber 20 mm. Daya jangkau mencapai 5 – 10 km dengan ketepatan sasaran 5 km. Tank tersebut termasuk kendaraaan tempur terbaru yang dimilik Batalyon 413 Bremoro.

”Tank ini juga aman saat melaju di jalan raya tidak seperti tank lainya yang bisa merusak aspal. Beratnya mencapai 65 ton, saat melaju tumpuannya 8 ton,” imbuhnya.

Selain tank, adapula mobil pertempuran jarak dekat. Mobil jenis jeep itu dilengkapi senjata jenisnya SMB QCB dan GPMG yang biasa digunakan oleh pasukan Raider Yon 412 Purworejo. Adapula mobil pertempuran jarak dekat milik Yon 408 Suhbrasta Sragen.

“Ini salah satu upaya kita mendekatkan diri dengan masyarakat,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge