0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kualitas Bangunan Rendah, Inspektorat Turun Tangan

dok.timlo.net/red
Kepala Inspektorat Solo, Untara (dok.timlo.net/red)

Solo —¬†Inspektorat Solo berjanji menindaklanjuti temuan Komisi IV DPRD Solo perihal sejumlah banguan sekolah yang buruk kualitas pengerjaanya.

“Saya akan terjun ke lapangan, Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP) saat menerima sejauh mana. Itu porsi saya. Kualitas dan tidak nanti akan saya cek ke lapangan dulu. PPHP-nya akan saya panggil,” kata Kepala Inspektorat Solo, Untara kepada wartawan, Jumat (13/11).

Untuk temuan di SD Losari dan SD Wonosaren, Inspektorat akan melihat kondisi di lapangan. Jika dari keterangan PPHP, saat bangunan diserahkan dalam kondisi baik, berarti ada kesalahan oleh pihak ketiga (kontraktor).

“Kalau saat diterima kondisnya baik berati kan kualitasnya yang tidak baik. Mungkin saat dipasang, kayunya itu kelihatan kering tetapi ternyata masih basah. Tetapi kalau dicek rapi ya nanti pihak ketiga yang harus tanggungjawab,” jelasnya.

Disinggung soal sanksi, Untara enggan membeberkan kemungkinan sanksi yang akan diberikan. Sanksi akan diberikan setelah inspektorat melakukan pengecekan ke lapangan.

Dalam beberapa kasus setelah kontraktor terbukti nakal, Untara menyatakan sudah memberikan sanksi berupa blacklist kepada kontraktor. Di tahun kemarin misalnya, Untara mengaku memberikan blacklist kepada dua kontraktor.

“Tahun kemarin dua kontraktor kita blacklist. Tahun ini kan belum,” ujarnya.

Ditanya soal fungsi pengawas proyek yang tidak optimal, Untara enggan berkomentar banyak.

“Mungkin dia (pengawas) pegang beberapa proyek, ya nanti akan kita lihat sejauh mana perannya di lapangan,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge