0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Buaya Taman Reptil Balekambang Disita BKSDA

Taman Reptil Balekambang, Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah melakukan penyitaaan seekor buaya di Taman Reptil Balekambang, Solo. Penyitaan dilakukan lantaran pihak terkait belum memiliki izin untuk melakukaan penangkaran buaya.

“Benar, buaya di Taman Reptil Balekambang disita. Masalahnya, kami belum memiliki izin penangkaran,” kata Kepala UPTD Taman Balekambang, Endang Sri Murniyati, saat dihubungi, Jumat (13/11).

Penyitaan tersebut, kata Endang, dilakukan setelah beberapa waktu lalu tim dari BKSDA melakukan kunjungan. Dalam kunjungan tersebut, mereka menemukan terdapat seekor budaya yang berada di Taman Reptil.

“Selama ini kami memang hanya menyediakan atau memfasilitasi lokasi taman reptilnya saja. Nah, yang mengisi aneka satwa itu dari pihak komunitas pecinta reptil,” paparnya.

Selain itu, kata Endang, pihaknya juga membenarkaan bhwa selama ini belum memiliki zin penangkaran buaya. Selama ini, izin penangkaran di Taman Balekambang baru untuk penangkaran rusa dan burung merak.

Sementara, Kasatreskrim Polresta Solo Kompol Saprodin saat ditemui mengatakan, pihaknya telah menjalin kerjasama dengan BKSDA. Kerjasama tersebut diwujudkan dengan peningkatan patroli rutin. Sebeluumnya, pihaknya juga telah menyadarkan seorang warga Solo untuk menyerahkan burung kesayangannya berjenis kakak tua jambul kuning lantaran masuk kategori kritis dihabitatnya.

“Himbauan kami, supaya masyarakat yang sekiranya tidak memiliki izin memelihara atau melakukan penangkaraan hendaknya diserahkan kepada pihak pemerintah,” kata Kompol Saprodin mewakili Kapolresta Solo Kombes Pol Ahmad Luthfi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge