0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Unsyiah Anugerahi Doctor Honoris Causa kepada JK

merdeka.com

Jusuf Kalla

Timlo.net — Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) merencanakan memberikan anugerah gelar Doctor Honoris Causa (DR HC) untuk Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK). Pemberian anugerah ini akan diterima langsung oleh JK dalam rapat senat terbuka Unsyiah.

Rektor Unsyiah, Prof Samsul Rizal mengatakan, pemberian DR HC untuk JK dijadwalkan pada tanggal 14 November 2015. Acara penganugerahan ini akan berlangsung di Gedung AAC Dayan Dawood pada pukul 14.00 WIB.

“JK kita berikan penghargaan atas jasanya bidang perdamaian dan kemanusiaan,” kata Prof Rizal, Kamis (12/11) dalam konferensi pers di gedung rektorat Unysiah.

Katanya, pemberian DR HC untuk JK tidak hanya dedikasinya terlibat dalam perdamaian dan kemanusiaan di Aceh. Akan tetapi juga karena keterlibatannya hingga perdamaian tingkat internasional.

“JK tidak hanya terlibat dalam perdamaian di Aceh, juga terlibat hingga ke Myanmar, Filipina hingga ke Amerika Latin. Semua orang tahu keterlibatannya termasuk kemanusiaan,” imbuhnya.

Menurut Rizal, siapapun bisa mendapatkan gelar anugerah tersebut. Asalkan memenuhi unsur atau kriteria yang telah ditetapkan oleh pihak Unsyiah. Namun, Unysiah tidak memberikan gelar tersebut pada pihak bertikai, seperti masa lalu antara TNI dengan GAM.

Hingga sekarang, Unsyiah telah memberikan gelar DR HC untuk 3 orang tokoh. Yaitu Mahathir Muhammad atas dedikasinya dalam pembangunan. Lalu mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono dan Muhammad Jusuf Kalla. Kedua tokoh ini diberikan karena telah berjasa dalam menjalankan misi perdamaian dan kemanusiaan.

[tyo]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge