0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Siswa SD Ini Pentaskan Kesenian Pemanggil Hujan yang Mulai Punah

timlo.net/putra kurniawan

Kesenian Nini Thowong

Sukoharjo — Dolanan tradisional Nini Thowong pada jaman dahulu merupakan permainan yang sarat akan makna tentang kehidupan petani. Namun seiring perkembangan jaman, kesenian yang biasanya dimainkan saat upacara pemanggilan hujan atau pasca panen mulai ditinggalkan.

“Saat ini memang sudah banyak kesenian dan kebudayaan tradisional rakyat asli Sukoharjo yang sudah ditinggalkan karena tidak ada yang meneruskan, seperti Nini thowong ini, dan melalui Kirab Seni Budaya ini ingin kita bangkitkan lagi,” kata Kepala Dinas POPK, Suramto, Kamis (12/11).

Pada event kali ini, Nini Thowong kembali ditampilkan oleh siswa-siswa SD Pucangan 2 Kartasura di bawah asuhan seniman internasional Mugiyono dari sanggar tari Mugi Dance. Mereka memainkan dolanan tardisional ini sepanjang jalan jendral Sudirman Sukoharjo, mulai dari Simpang Lima menuju Stadion Jombor.

Kirab Seni Budaya ini sendiri akan dijadikan agenda tahunan Kabupaten Sukoharjo, yang tujuannya untuk menggugah kembali semangat mencintai seni budaya asli Sukoharjo. selain itu juga sebagai ajang pameran atau pertunjukkan bagi para seniman.

“Peserta akan dinilai dan penampil terbaik akan mendapatkan penghargaan, hal ini untuk memacu semangat masyarakat Sukoharjo untuk melestarikan seni,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge